Merawat Orangtua Lansia Menjadi Mudah Dengan 3 Tips Sederhana Ini

cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia ini selalu mengalami sedikit perdebatan antara anda dan saudara kandung. Walaupun pada dasarnya anda dan saudara kandung sama-sama mencintai orang tua anda, tetapi terkadang selalu terdapat perbedaan pendapat bagaimana cara merawat orang tua.

Perdebatan seperti itu sebenarnya bukanlah hal yang aneh lagi dan sudah menjadi rahasia umu serta sering terjadi di kehidupan lingkungan masyarakat sekitar. Para lansia memang membutuhkan perhatian lebih serta perawatan yang memang harus di bantu oleh kita sebagai seorang anak. Namun terkadang akan sulit rasanya merawat orang tua terkhusus untuk mereka yang hanya terdiri dari 2 bersaudara saja, di tambah keduanya sama-sama bekerja dan memiliki keluarga juga.

Terkadang karena hal tersebut, membuat tidak banyak pilihan yang mana orang tua harus di titipkan ke Senior Living atau biasa di sebut dengan hunian lansia. Di masyarakat sendiri menitipkan orang tua ke senior living menjadi sesuatu yang sangat-sangat tabu. Di tambah ketika harus menitipkan ke panti juga membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa di coba untuk kita sebagai anak agar mampu merawat orang tua dengan baik di sisa-sisa waktunya. Dengan cara berikut ini di harapkan bisa menghindari terjadinya pertengkarang di dalam keluarga.

1. Diskusikan terlebih dahulu

Berapapun jumlah saudara kandung anda, hal ini wajib di lakukan di mana antara orang tua dan anak harus duduk bersama untuk mendiskusikan apa yang di inginkan orang tua. Ini untuk menghindari terjadinya sesuatu yang buruk, bahkan ada baiknya anda merekam saat diskusi tersebut kalau memang tidak ada yang keberatan. Orang tua harus di ajak bicara dan harus terbuka soal rencana keuangan mereka, karena orang tua yang tidak terbuka soal keuangan akan berakibat pada perkelahian internet di dalam keluarga ketika orang tua meninggal dunia nantinya.

Ketika melakukan diskusi pahami karakter orang tua anda agar mereka tidak merasa tersinggung, gunakanlah bahasa yang harus dan jelaskan secara perlahan bagaimana pendapatmu tentang keinginan orang tua.

2. Pahami pola makan lansia

Penting untuk memahami pola makan para lansia, mulai dari jadwal dia makan cara ia makan, apa yang di sukai. Pada saat memasuki lansia orang tua lebih muda tersinggung, bahkan telat saja menyuguhkan makanan terkadang bisa menjadi masalah besar walaupun pada saat ia masih muda itu hal yang biasa saja. Penuhi nutrisinya dengan susu dan makan lainnya agar tetap sehat pada kondisi lansia.

3. Asuransi Lansia

Asuransi lansia berupa asuransi kesehatan ini sebenarnya untuk menjaga finansial keluarga besar anda. Jadi ketika orang tua mengalami sakit tidak perlu pusing lagi untuk biaya pengobatannya.

Sebenarnya ini adalah tips simple tapi menurut saya pribadi cukup bermanfaat agar orang tua tetap bisa di samping kita merasa bahagia dan ketika orang tua sakit finansial kita tidak goyah untuk merawat orang tua. Semoga bermanfaat

Posted on