Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Untuk Dihindari

Ketika Anda membuka aplikasi kesehatan dan mencari informasi perihal asam urat, Anda akan mendapati beberapa informasi terkait faktor yang bisa menyebabkan gangguan tubuh ini muncul. Namun, dalam realita yang terjadi, faktor pola makan adalah salah satu yang paling berpengaruh pada kondisi penderita asam urat.

Berdasar pada hal tersebut, penting bagi penderita asam urat untuk memperbaiki pola konsumsi mereka. Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat yang perlu dihindari agar kadar asam urat di dalam tubuh cenderung stabil dan peradangan tidak terjadi.

Lantas, apa saja makanan pantangan bagi penderita asam urat yang harus dihindari? Simak ulasannya!

Ragam Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan pola konsumsi yang salah akan memperparah kondisi peradangan yang nantinya membuat asam urat sukar disembuhkan.

Adapun beberapa makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jeroan

Jeroan seperti ampela, hati, paru, otak, usus, lidah, limpa dan lainnya dari sapi dan kambing biasanya diolah menjadi aneka menu yang mengundang selera. Rasa jeroan sendiri dikatakan cukup gurih sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, jika Anda menderita gout atau asam urat, jeroan adalah makanan yang dilarang.

Hal ini dikarenakan jeroan memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka makanan ini akan membuat kadar asam urat di dalam tubuh meningkat.

  • Seafood

Apakah Anda suka mengonsumsi seafood? Beragam jenis seafood, mulai dari sarden, cumi, tuna, ikan makerel dan lainnya memang memiliki rasa yang nikmat dan bisa dijadikan aneka menu lezat. Namun, sayangnya, aneka seafood tersebut sebaiknya dihindari jika Anda memiliki riwayat gout karena kandungan purin seafood yang lumayan tinggi.

  • Daging merah

Tidak dimungkiri jika daging merah memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan juga bisa diolah menjadi sajian yang nikmat. Namun, daging yang berasal dari kambing, domba, sapi atau hewan lainnya ini tidak cocok untuk penderita gout karena adanya kandungan purin yang cukup tinggi. Oleh karenanya, Anda yang menderita gout sebaiknya menjaga pola konsumsi.

Beberapa hal di atas adalah ragam makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari. Dengan menjaga pola makan, bisa jadi gout yang diderita tidak akan mudah kambuh.

makanan pantangan asam urat perlu diperhatikan dan dihindari agar kadar asam urat di dalam darah cenderung normal dan peradangan bisa dihindari.

Posted on